cover
Contact Name
Darnoto
Contact Email
darnoto@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tarbawi@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 20883102     EISSN : 2548415X     DOI : -
Core Subject : Education,
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2020)" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MANEJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MODERN ADH-DHUHAA BERBASIS YATIM & DU'AFA naryo Sunaryo Putro
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v17i1.1109

Abstract

This study aims to describe the implementation of curriculum management development Adh-Dhuhaa Sukoharjo Islamic Boarding School. This study uses qualitative methods with interactive data analysis techniques with data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. Research informants are boarding school caregivers, principals, teachers, guardians of students. The results of the study revealed that the development of Adh-Dhuhaa boarding school curriculum management began with a plan that involved all elements of the pesantren and schools; in the curriculum planning stage all the interests of santri education and its potential were included in the planning. The implementation of curriculum management development went well, although there was an unwritten curriculum that could run because of assistance from the santri organization (OSPA) and the evaluation of curriculum management development followed the official program, the Ministry of Religion and the local curriculum. Keywords: development, curriculum, Islamic boarding school  Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan manajemen kurikulum Pondok Pesantren Adh-Dhuhaa Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Informan penelitian adalah pengasuh pesantren, kepala sekolah, guru, wali santri. Hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan manajemen kurikulum pondok pesantren Adh-Dhuhaa diawali dengan perencanaan yang melibatkan semua unsur pesantren dan sekolah, dalam tahapan perencanaan kurikulum semua kepentingan pendidikan santri dan potensinya di masukkan ke dalam perencanaan. Pelaksanaan pengembangan manajemen kurikulum ini berjalan dengan baik, meskipun ada kurikulum yang tak tertulis bisa berjalan karena bantuan dari organisasi santri (OSPA) dan evaluasi pengembangan manajemen kurikulum ini mengikuti program dinas, kemenag dan kurikulum lokal. Kata Kunci: pengembangan, kurikulum, pondok pesantren
PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMASARAN JASA DI PONDOK PESANTREN Ade Ade Sopiali; Heru Heru Utomo
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.81 KB) | DOI: 10.34001/tarbawi.v17i1.1106

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, strategi dan proses pelaksanaan jasa pemasaran di Pesantren Modern Assalam dan Pesantren Al-Mukmin di Sukoharjo. Penelitian ini termasuk jenis kualitatif dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi dalam pengumpulan data. Teknik analisis menggunakan model interaktif, dikumpulkan, dianalisis dan ditarik kesimpulan dengan mengacu teori fungsi manajemen Kotler dan Fayol tentang lingkungan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesamaan dalam pengelolaan jasa pemasaran di kedua pesantren modern melalui tahapan manajemen yaitu perencanaan, pengorgainsasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Perencanaan jasa pemasaran pesantren dimulai dengan penetapan tujuan, kebijakan sebagai strategi jasa pemasaran. dan prosedur. Pengorganisasian Madrasah dan Pesantren berupa kepanitiaan. Pelaksanaan dilakukan dengan pembagian kerja panitia. Pengendalian/pengawasan pemasaran dilaksanakan oleh bagian humas pesantren dengan pengawasan awal, pengawasan “concurrent”, dan pengawasan refleksi. Proses Pengawasan dilaksanakan di setiap rencana jasa pemasaran hingga akhir program pemasaran; (2) Target pemasaran yang sudah tercapai di Pesantren Islam Al-Mukminun dan Assalaam yaitu jumlah siswa sudah terpenuhi, dikenal masyarakat; (3) Kekuatan pemasaran pada Pesantren Islam Al-Mukmin berpusat pada Alumni dan wali santri, terutama dari figur pengasuh melalui pelibatan aktif alumni di daerah binaan, sedangkan pada Pesantren Assalam melalui jaringan alumni dan wali santri dengan pendirian pusat informasi wilayah di seluruh indonesia.ABSTRACTThis study aims to determine the concepts, strategies and processes of marketing services in the Modern Assalam Islamic Boarding School and Al-Mukmin Islamic Boarding School in Sukoharjo. This research is a qualitative type using interviews, documentation and observation in data collection. The analysis technique uses an interactive model, collected, analyzed and conclusions drawn by referring to Kotler and Fayol's management function theory of the marketing environment. The results showed that there were similarities in the management of marketing services in the two modern pesantren through management stages, namely planning, organizing, leadership, and controlling. Planning for pesantren marketing services starts with setting goals, policies as marketing services strategies. and procedure. Islamic Boarding School (pesantren) is organizing in the form of a committee. Implementation is carried out by division of committee work. Marketing control / supervision is carried out by the boarding school public relations department with initial supervision, concurrent supervision, and reflection supervision. Supervision process is carried out in every marketing service plan until the end of the marketing program; (2) Marketing targets that have been achieved at Islamic Boarding Schools Al-Mukminun and Assalaam namely the number of students have been met, known to the public; (3) Marketing strengths at Al-Mukmin Islamic Islamic Boarding School are centered on Alumni and guardians of students, especially from caregivers through active involvement of alumni in fostered areas, while at Assalam Islamic Boarding Schools through alumni networks and santri guardians with the establishment of regional information centers throughout Indonesia.
Pergaulan Bebas Remaja di Era Milenial Menurut Perspektif Pendidikan Agama Islam Darnoto Darnoto; Hesti Triyana Dewi
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.584 KB) | DOI: 10.34001/tarbawi.v17i1.1189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana pergaulan remaja era milenial di desa Sumberrejo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara (2) Bagaimana dampak negatif dari pergaulan bebas di desa Sumberrejo (3) Bagaimana pergaulan bebas dalam perpektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan metode observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prilaku pergaulan remaja era melineal di desa Sumberrejo sudah jauh menyimpang dan mengarah pada pergaulan bebas, seperti seks bebas, merokok, minum-minuman keras (khamr), tawuran dan minum obat-obatan dengan dioplos. (2) Dampak pergaulan bebas terhadap remaja di desa Sumberrejo seperti, menurunnya prestasi sekolah (prestasi belajar), putus sekolah, hamil di luar nikah. (3) Kalau di hubungkan dengan materi kurikulum 2013 endidikan agama Islam di temukan bahwa sudah ada dalam pengajaran yaitu prilaku kontrol diri (mujahaddah-nafs) dijelaskan dalam QS. al-Anfal ayat 72, dan terdapat pula pengajaran tentang pergaulan bebas yang diantaranya, memahami pengertian, dampak negatif dan bahaya dosa besar seperti mabukmabukan, mengosumsi narkoba, zina dan lain-lain dan dijelaskan pula bahwa orang tua dan teman sepermainan harus menjadi figur yang dapat memberi contoh dan teladan yang baik. Adapun pergaulan bebas dan dampak negatifnya di tinjau dari pendidikan Islam adalah tata cara pergaulan antara manusia dengan sesama manusia terutama dengan lawan jenisnya yang mengarah pada pelaksanaan hubungan seks di luar nikah yang mempunyai konsekwensi destuksif dan berprilaku menyimpang yang mengarah pada pergaulan bebas yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan Islam.
Pengembangan Manajemen keuangan Pesatren Balekambang jepara dan Amsilati Darul Falah Bangsri Jepara di Era digital ali Ali As'ad; Hakim Muhammad Hakim Azizi
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/tarbawi.v17i1.1108

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen keuangan pondok pesatren, mulai dari proses tahapan pendanaan hingga pengalokasian keuangan pondok pesantren. Adanya permasalahan yang menunjukkan bahwa Kyai belum memanfaatkan fungsi manajerial dalam mengelola keuangan, sehingga pengeluaran masih berpusat pada Kyai, padahal seharusnya dikelola secara professional dan modern, belum ada perencanaan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang yang terprogram dengan baik dan kurangnya sumber daya manusia yang mengerti keuangan. Penelitian ini di laksanakan di pondok pesantren Balekambang jepara dan Amsilati Darul Falah Bangsri Jepara pada februari 2020. Memakai penelitian lapangan (field research), dengan metode kualitatif atau pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan telaah dokumentasi, wawancara dan observasi, analisis datang dengan tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penyimpulan. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa dalam manajemen keuangan di Pondok Pesantren Balekambang jepara dan Amsilati Darul Falah Bangsri Jepara, bahwa: a) Sumber keuangan di pondok pesantren hanya bersumber dari donatur tidak tetap dan dari hasil unit usaha yang dimiliki pondok pesantren. b) Perencanaan anggaran, dalam merencanakan anggaran di Pondok Pesantren Al Musanni ini mempunyai konsep tersendiri dari pondok pesantren. Konsep tersebut di buat oleh pihak pondok pesantren secara langsung yang sudah didasarkanatas musyawarah yang dilaksanakan pada setiap enam bulan sekali. c) Pelaksanaan anggaran di Pondok Pesantren Al Musanni disesuaikan dengan kebutuhan pondok pesantren. d) Evaluasi atau Pelaporan, dilakukan oleh pondok pesantren setiap enam bulan sekali dibulan Juni dan bulan Desember.Namun masih ada hambatan dalam manajemen keuangan di pondok pesantren. Hambatan tersebut yaitu tidak menentunya pemasukan sumber keuangan di pondok pesantren Kata Kunci: Manajemen Keuangan Pesantren     ABSTRACT The purpose of this research is to find out and describe the financial management of pondok ujungren financial institutions, starting from the process of funding stages to the financial allocation of Islamic boarding schools. There are problems that indicate that Kyai has not utilized managerial functions in managing finances, so spending is still centered on Kyai, even though it should be managed professionally and modernly, there is no short-term, medium and long-term financial planning that is well programmed and the lack of human resources who understand finance.This research was carried out in Balekambang Islamic Boarding Schools in Jepara and Amsilati Darul Falah Bangsri Jepara in February 2020. Using field research, with qualitative methods or qualitative descriptive approaches, data collection techniques were carried out using documentation, interviews and observations, coming analysis with three steps namely: data reduction, data presentation, and data verification or inference. From the results of data analysis, it was concluded that in financial management at Balekambang Islamic Boarding Schools in Jepara and Amsilati Darul Falah Bangsri Jepara, that: a) Financial sources in Islamic boarding schools are only sourced from non-permanent donors and from the results of business units owned by Islamic boarding schools. b) Budget planning, in planning the budget at Al Musanni Islamic Boarding School has its own concept from the Islamic boarding school. The concept was made by the boarding school directly which has been based on deliberations held every six months. c) Budget implementation in Al Musanni Islamic Boarding School is adjusted to the needs of Islamic boarding schools. d) Evaluation or Reporting, carried out by Islamic boarding schools every six months in June and December. However, there are still obstacles in financial management in Islamic boarding schools. These obstacles are the uncertain income of financial resources in Islamic boarding schools Keywords: Pesantren Financial Management
PEMIKIRAN IBNU KHLDUN TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DUNIA MODERN AL Manaf
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.991 KB) | DOI: 10.34001/tarbawi.v17i1.1077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Ibnu Khaldun terhadap pendidikan kemudian relevansinya terhadap pendidikan dunia modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (Library Research) kemudian menganalisis sumber-sumber yang dikumpulkan dan disimpulkan dalam makalah. Hasil dari makalah ini yaitu membahas tentang beberapa kategori diantaranya biografi singkat ibnu Khaldun Nama Lengkap Ibnu Khaldun ialah Abdul Al Rahman Ibnu Muhammad ibnu Muhammad ibn Abi Bakr Muhammad ibn al-Hasan Ibnu Khaldun. Ia dikenal dengan sapaan Ibnu Khaldun dan dijuluki sebagai bapak sosiolog. Beliau juga berpendapat bahwa pendidikan bukan hanya proses belajar mengajar yang dibatasi oleh ruang dan waktu, akan tetapi pendidikan merupakan proses dimana para peserta didik mampu menghayati, menyerap bahkan menangkap dari pristiwa-peristiwa alam sepanjang zaman. Maka dari itu, beliau menegaskan bahwa ilmu dan pendidikan merupakan gejala sosial yang menjadi ciri khas jenis insani. Pemikiran Ibnu Khaldun juga sangat relevan dengan pendidikan modern jika ditinjau dari berbagai aspek yaitu pendidik, metode pembelajaran, kurikulum dan tujuan pendidikan.  Kata Kunci: Pendidikan Ibnu Khaldun,Pendidikan Modern, Relevansi.  ABSTRACTThis study aims to analyze the thought of Ibn Khaldun on education and its relevance to the education of the modern world. This study uses a qualitative approach (Library Research) and then analyzes the sources collected and concluded in the paper. The results of this paper are discussing several categories including a brief biography of Ibn Khaldun Ibn Khaldun's Full Name is Abdul Al Rahman Ibnu Muhammad ibn Muhammad ibn Abi Bakr Muhammad ibn al-Hasan Ibnu Khaldun. He is known by the greeting of Ibn Khaldun and nicknamed as the father of sociologists. He also believes that education is not only a process of teaching and learning that is limited by space and time, but education is a process where students are able to live, absorb and even capture from natural events throughout the ages. Therefore, he asserted that science and education are social phenomena that characterize human types. Ibn Khaldun's thoughts are also very relevant to modern education when viewed from various aspects, namely educators, learning methods, curriculum and educational goals. Keywords: Ibn Khaldun Education, Modern Education, Relevance. 
PERSEPSI ORANGTUA DALAM UPAYA MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENJADI ORANG YANG BER AKHLAK DAN BERPRESTASI Haidah Karani
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.784 KB) | DOI: 10.34001/tarbawi.v17i1.1079

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ,dalam upaya penulis untuk melakukan penelitian tentang peran orangtua,sekolah dan masyarakat ,agar anak anak/anak didik ,dapat menjadi manusia yang bertaqwa dan bukan hanya cerdas secara intelektual,bagimana moralitas,bimbingan agama,dapat berpengaruh dalam pendidikan,kecerdasan serta karakteristik anak ataupun siswa di sekolah.Tujuan penelitian untuk melakukan penelitian tentang sejauh mana peranan orangtua,sebagai pendidik utama dirumah,sebelum anak masuk sekolah,serta guru sebagai pendidik kedua di sekolah dalam membina ahlak dan perilaku serta penempaan ilmu pengetahuan,dan tentunya  masyarakat . Metode dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan perspektif kualitatif dengan model studi fenomenologi,karena penelitian ini merupakan fenomena menarik untuk dilakukan studi penelitian secara konprehensif.Dalam penelitian ini penulis bersama delapan orang partisipan sebagai informan dalam penelitian,dan waktu penelitian sekitar 12 minggu,domisili partisipan diambil dari wlayah sekitar tempat peneliti.Hasil dari penelitian ada lima indikator hasil olah data dan analisa data,menunjukan signifikansi perlunya pengertian,kesabaran serta tanggung orangtua terhadap anaknya/guru terhadap anak didiknya.Dan hasil dari penelitian ke enam indikator penulis anggap sebagai temuan/sumbang fikir yang perlu di publikasikan.The background of this research is, in the writer's attempt to conduct research on the role of parents, schools and society, so that children / students can become pious human beings and not just intellectually intelligent, how morality, religious guidance, can influence education, intelligence and characteristics of children or students in school. The purpose of research is to conduct research on the extent of the role of parents, as the main educator at home, before the child enters school, and the teacher as the second educator in school in fostering behavior and behavior as well as forging science, and of course the community . The method in this study the author uses a qualitative perspective approach with a phenomenological study model, because this research is an interesting phenomenon to be carried out in a comprehensive research study. from the area around the place of researchers. The results of the study there are five indicators of the results of data processing and analysis of data, showing the significance of the need for understanding, patience and responsibility of parents to their children / teachers for their students. that needs to be published.
NILAI-NILAI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN SISWA SD NEGERI 9 MENDO BARAT Muhammad Iqbal Arrosyad; Indah Meilia; Mellisa Ananda; Wiwik Wiwik; Rada Rizki
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.579 KB) | DOI: 10.34001/tarbawi.v17i1.1072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya sekolah dalam aktivitas keagamaan yang diterapkan di SD Negeri 9 Mendo Barat dalam bimbingan keagamaan, Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepada sekolah, guru sekolah dan siswa. Untuk pengumpulan data digunakan metode pengamatan lapangan dan wawancara. Hasil dari peneltian ini adalah: 1) Budaya harian sekolah yang diterapkan di SD Negeri 9 Mendo Barat pada kegiatan keagamaan, 2) untuk mengetahui nilai-nilai budaya yang telah di kembangkan sekolah untuk menemukan pola pendidikan nilai budaya, 3) budaya harian terlaksana dengan baik pada pembiasaan keagamaan siswa SD N 9 Mendo Barat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7